Hadiri HUT Ke-352 Desa Lanona, Pj Bupati Yusman Mahbub: Desa Lanona Harus Dibangun Pintu Gerbang Ibu Kota Morowali

    Hadiri HUT Ke-352 Desa Lanona, Pj Bupati Yusman Mahbub: Desa Lanona Harus Dibangun Pintu Gerbang Ibu Kota Morowali
    Pj Bupati Morowali Yusman Mahbub bersama Kades Lanona Amir A Gumbala

    MOROWALI, Sulawesi Tengah - Perayaan Hari Ulang Tahun Desa Lanona ke-352 terbilang semarak, digelar berbagai kegiatan lomba memperebutkan piala Sangaji cup ke-VI tahun 2024, dengan mengusung tema "Bersama Kita Membangun Desa Lanona Menjadi Desa Yang Maju, Mandiri dan Hebat, ".

    Peringatan HUT Desa Lanona yang kali pertama itu dilaksanakan, dihadiri langsung Pj Bupati Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, didampingi Pj Sekda Morowali Abdul Wahid Hasan serta sejumlah Pimpinan OPD lingkup Pemda Morowali, Ketua Adat Tobungku serta tamu undangan lainnya. Dimana kegiatan ini dirangkaikan pembukaan Sangaji Cup di buka langsung Pj Bupati Yusman Mahbub, bertempat dilapangan Lemontasi Desa Lanona, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Minggu (13/10/2024).

    Dalam sambutannya, Kepala Desa Lanona, Amir A Gumbala mengatakan bahwa kegiatan peringatan hari ulang tahun Desa Lanona merupakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan sejak berdirinya Desa Lanona.

    "Kami merasa bahwa kegiatan ini perlu diadakan agar pemerintah, masyarakat maupun generasi kedepannya mengetahui sejarah terbentuknya Desa Lanona yang kita cintai ini dan juga dalam indeks desa membangun kegiatan ulang tahun desa ini menjadi salah satu penilaian status desa, " tutur Kades Lanona Amir A Gumbala.

    Lanjut dikatannya, peringatan HUT Desa Lanona dirangkaikan dengan kegiatan Sangaji cup berbagai lomba digelar yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan memupuk silaturahmi antar sesama warga Desa Lanona, disamping mencari bibit-bibit olahraga yang diperlombakan.

    "Semoga dengan adanya kegiatan ini kita dapat meningkatkan solidaritas kebersamaan dan kekeluargaan masyarakat Desa Lanona khususnya dalam mewujudkan Desa Lanona yang mandiri dan sejahtera, "ujarnya.

    Pj Bupati Morowali Yusman Mahbub pada kesempatan itu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Desa Lanona harus di bangun, karena Desa Lanona adalah pintu gerbang Ibu Kota Morowali.

    "Desa Lanona ini berada di wilayah kecamatan Bungku Tengah, yang merupakan pintu gerbang Ibu kota Morowali. Ini (Desa Lanona) mesti kita bangun punya khas tersendiri, ketika memasuk Desa Lanona tahu bahwa itu adalah wilayah ibukota Morowali, " ujarnya.

    Orang nomor satu di Bumi Tepeasa Moroso itu mengintruksikan agar nantinya kedepan di bangun semacam pintu gerbang selamat datang di Desa Lanona sehingga menjadi pertanda tersendiri ketika memasuki wilayah ibu kota Morowali.

    Bukan hanya itu, ciri khas lainnya di Desa Lanona harus ditampilkan, seperti usaha rumahan Rangginang yang menjadi ciri khas UMKM Desa Lanona yang kini telah dikenal luas di tingkat nasional.

    Selain itu sejumlah fasilitas umum lainnya harus dibangun seperti sekolah, mesjid, jalan dan rumah-rumah warga tidak layak huni harus dibantu bahkan jalan dari Lanona-Matansala akan di bangun yang kedepannya untuk persiapan perluasan pembangunan sebagai daerah penyangga industri.

    "Jadi, Pak Kades silahkan ajukan program pembangunan Desa Lanona mumpung saya sebagai Pj Bupati selaku orang Lanona akan berikan perhatian. Disini hadir semua para Kepala Dinas terkait, silahkan bikin program ajukan ke dinas tehnis, " ucap Yusman Mahbub.

    "Kedepannya kita akan bangun jalan diatas dari Lanona-Matansala dengan lebar kurang lebih 10 Meter, dengan begitu kita persiapkan perluasan pembangunan Bungku Tengah ibu kota Morowali sebagai daerah penyangga industri, " tandasnya menambahkan.

    Sebelumnya, telah dilaksanakan jalan sehat di pagi hari yang dikuti ratusan peserta warga Desa Lanona dan di buka langsung Kepala Desa Lanona Amir A Gumbala didampingi seluruh perangkat Desa Lanona.

    (PATAR JS)

    morowali
    Patar Jup Jun

    Patar Jup Jun

    Artikel Sebelumnya

    Babinsa Koramil 1311-04/Lembo Tinjau Budidaya...

    Artikel Berikutnya

    Kampanye di Bahomante, Rachmansyah-Harsono...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Babinsa Koramil 1311-02/BS Kopka Wawan Darmono bersama Bhabinkamtibmas Mediasi Permasalahan di Desa Kaleroang 
    Irjen TNI Buka Perlombaan Cyber Strike dan Cyber Awareness Forum
    Raih ISO 9001:2015, SSDM Polri Terus Tingkatkan Kualitas Rekrutmen Anggota
    DPR Setujui Herindra Jadi Kepala BIN, Perkuat Sinergi Intelijen dan Pertahanan
    Melalui Komsos, Babinsa Koramil 1311-07/Menui Kepulauan Tingkatkan Silaturahmi dengan Tokoh Adat di Desa Padei Laut

    Ikuti Kami